Monday 3 August 2009

Tips Mengembalikan File yang Di-Hidden oleh Virus


Di dunia komputer, virus sudah merupakan hal yang tak terpisahkan, ada-ada saja cara virus meng-infeksi komputer kita. Nah... kalau komputer sudah terinfeksi ya mau gak mau harus dibersihkan dengan Antivirus. Namun kebanyakan antivirus juga tidak bisa 100% mengembalikan file-file yang sudah ter-infeksi. Sebagai contohnya, banyak file-file yang sudah di scan dengan antivirus jadi hidden (tersembunyi). Sebenarnya yang membuat hidden bukan antivirus, tetatpi virusnya. Artinya antivirus tidak bisa mengembalikan file yang sudah di-hidden oleh virus.

Trus gimana caranya biar yang hidden bisa dikembalikan? Ada yang mencoba lewat properties file, tapi cara ini tidak bisa dilakukan, karena properties hidden non aktif, jadi kita tidak bisa menghilangkan tanda conteng di properties hidden. Maka jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan perintah ATTRIB. Ini merupakan perintah eksternal (external command) dos, sehingga untuk melakukan hal ini harus melalui command prompt. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Masuk menu prompt dos

2. Masuk ke folder di mana file yang hidden tersebut berada

3. Dari prompt tersebut ketik ATTRIB -s -h /s /d

4. Maka file yang tadinya hidden akan muncul kembali.

Selamat mencoba, semoga sukses.

No comments:

Jual Jam Tangan Pria SKMEI Casual Dual Time Zone Waterproof - Nay Inay Online Store | Tokopedia

Jual Jam Tangan Pria SKMEI Casual Dual Time Zone Waterproof - Nay Inay Online Store | Tokopedia : Jual Jam Tangan Pria SKMEI ...